Cara Mengakses Internet

Jumat, 30 September 2011


Cara Mengakses Internet – Sahabat Pustakers sekalian, kali ini saya akan membahas mengenai cara mengakses internet. Internet sekarang sudah termasuk barang pokok bagi kita, Betapa tidak internet menjadi  faktor pendukung di bidang Bisnis, pendidikan, Pemerintahan, Militer dan bidang-bidang lainnya. Nah bagaimanakah sistem kerja atau cara mengakses Internet?, berikut ini akan dibahas sedikit detailnya.
Cara mengakses Internet. internet merupakan suatu kumpulan jaringan komputer yang tersambung satu dengan yang lainnya. Salah satu media untuk mengakses internet adalah modem. Dalam menyediakan jaringan atau koneksi internet ada sebuah badan yang menyediakannya, badan tu bernama ISP atau Internet service provider yang merupakan suatu lembaga atau perusahaan penyedia jasa penghubung ke Internet melalui infrastruktur jaringan komputer yang mereka miliki. Sahabat pustakers tidak dapat menghubungkan diri dengan internet tanpa terlebih dahulu mendaftarkan diri ke ISP. Saat mendaftarkan diri ke ISP sahabat Pustakers diberi identitas untuk mengakses ke internet berupa username beserta password-nya. Jadi sahabat Pustakers tidak akan dapat menghubungkan diri ke internet tanpa menggunakan jasa ISP ini.
Cara Mengakses Internet

Cara Mengakses Internet

Salah satu jasa ISP adalah layanan koneksi secara dial-up melalui sebuah modem. Protokol yang digunakan untuk koneksi ini adalah PPP (bukan nama partai lho :D ), atau point to point protocol. Saat melakukan koneksi dial-up. Sahabat Pustakers sebenarnya menyambungkan komputer atau laptop dengan server milik ISP melalui saluran telepon. Akan tetapi untuk jasa ini maka sahabat Pustakers diminta beban pulsa telepon ditambah layanan ISP.
Sahabat pustaker dapat memanfaatkan pelayanan jasa PT Telkom yang memberikan pelayanan jasa koneksi ke internet secara langsung atau instant tanpa pendaftaran terlebih dahulu. jasa PT Telkom ini, yaitu Telkomnet Instant sangat praktis karena biaya sambungan telepon ke internet sudah digabung menjadi satu.
Bada perkumpulan ISP di Indonesia dihimpun dalam wadah yang bernama APJII atau Asosiasi Penyelenggara jasa internet Indonesia dengan situsnya htttp://www.apjii.or.id/ . Adapun badan mpengatur internet diseluruh dunia diatur oleh badan sebagai berikut:
  1. Internet society (ISOC), merupakan badan yang bertanggung jawab untuk aplikasi internet serta permasalahan politik dalam jaringan internet itu sendiri.
  2. Internet Architecture Board (IAB), nerupakan badan yang bertanggung jawab untuk mengatur standarisasi internet, misalnya dalam pengaturan penomoran protocol IP.
  3. Internet engineering task force (IETF) merupakan badan yang bertanggung jawab untuk standar-standar internet, misalnya aplikasi, routing dan addreaing serta keamanan komputer.
  4. Internet Research Task Force (IRTF) merupakan badan yang bertanggung jawab untuk penelitian-penelitian internet jangka panjang.
Sahabat pustakers, berikut ini cara menghubungkan diri dengan ISP dengan memakai windows XP:
  • Klik start-My network olaces properties. klik create a new conection. Kemudian muncul New colennection wizard klik next;
  • setelah itu muncul kotak dialog, cari dan klik connect to the internet.Kemudian klik next;
  • pilih set up my connection manually, kemudian klik next;
  • klik connect using a dial-up modem. Kemudian klik next;
  • masukkan nama ISP-nya, misalnya pustakers. kemudian klik next;
  • masukkan pula nomor dial-up telepon ISP. Misalnya, tanpa menuliskan kode area, klik 4210233.kemudian klik next;
  • Masukkan username dan password-nya, kemudian klik next;
  • Setelah itu proses setting selesai. klik Finish. Selanjutnya sahabat Pustakers telah siap menggunakan internet :D [ps]


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar

HAMSTER IMOOT